Oktober 25, 2011

Pengertian Occupatie, Fusi, Cessie, Accesie, dan Proklamasi

KALI ini kita masuk ke pertanyaan mengenai Tata Negara *bener gak yah* Maklum, saya lupa, lama gak sekolah... Ini aja saya nyontek dari wikipedia...
Lagi-lagi jawaban ini dipilih sebagai jawaban terbaik!! sesuatu banget! Ya-eya-laaahh, secara yang jawab pertanyaan ini cuma aku seorang!!


Sekali lagi,

Google is my teacher... #plakk


Jadi, tuliskan definisi Occupatie, Fusi, Cessie, Accesie, dan Proklamasi!

Jawab:

Semua yang sebutkan itu adalah asal mula terjadinya negara berdasarkan fakta sejarah:

1. Pendudukan (Occupatie)
Terjadi ketika suatu wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai, kemudian diduduki dan dikuasai. Misalnya, Liberia yang diduduki budak-budak Negro yang dimerdekakan tahun 1847.

2. Peleburan (Fusi)
Terjadi ketika negara-negara kecil yang mendiami suatu wilayah mengadakan perjanjian untuk saling melebur atau bersatu menjadi negara yang baru. Misalnya terbentuknya Federasi Jerman tahun 1871.

3. Penyerahan (Cessie)
Terjadi Ketika suatu wilayah diserahkan kepada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu. Misalnya, wilayah Sleeswijk pada Perang Dunia I diserahkan oleh Austria kepada Prusia,(Jerman).

4. Penaikan (Accesie)
Terjadi ketika suatu wilayah terbentuk akibat penaikan lumpur sungai atau dari dasar laut (delta). Kemudian di wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuklah Negara. Misalnya wilayah negara Mesir yang terbentuk dari delta sungai Nil.

5. Pengumuman (Proklamasi)
Hal ini terjadi karena suatu daerah yang pernah menjadi daerah jajahan ditinggalkan begitu saja. Sehingga penduduk daerah tersebut bisa mengumumkan kemerdekaannya. Contohnya, Indonesia yang pernah ditinggalkan Jepang karena pada saat itu Jepang dibom oleh Amerika di daerah Hiroshima dan Nagasaki.

-RA-

Pertanyaan ini juga kuberi bintang, sebagai "tanda". Semoga penjelasan ini membantu! :-))

0 komenG: