Februari 29, 2012

Ayo, Lompat Kabisat!! (Apa itu Tahun Kabisat?)

MALAAAMMM!!!

Apa kabar semua?? Dua bulan lebih blog ini terbengkalai gara-gara semedi di toilet. Kebanyakan karna males nulis, padahal ini otak udah bejibun ama ide postingan... (haha)

Ok, kita skip aja.

Apa yang kalian lihat dari tanggal ini:

29 Februari 2012!

Yak, Tahun kabisat. Ada yang tau apa itu Tahun Kabisat??

Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.
Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik.
Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).*

Gimana? Udah ngerti belom? Kalo belom ngerti, baca lagi! (haha)


Fakta mengenai tanggal 29 Februari 2012:
1. Yahoo! mengajak pembacanya merayakan hari yang spesial ini bersama komunitas Flickr di seluruh dunia dengan cara ikut serta dalam gerakan "FlickrLeap2012".
Kalian udah ikutan kirim, belom? Buruaan!! *udah malem gini masi sempet gak yah?*

2. Lihat deh, "Doodle" Google di hari Rabu, 29 Februari 2012 ini:


 Empat kodok hijau sedang beraksi seolah-olah di panggung. Dua kodok bermain piano dan menyanyi, sedangkan dua kodok lagi sedang cukur rambut.


Tampilan "Doodle" Google tsb adalah sebagai peringatan atas kelahiran Gioachino Antonio Rossini yang lahir pada Tahun Kabisat (29 February 1792 – 13 November 1868). Siapa Gioachino Antonio Rossini? Beliau merupakan seorang komponis berkebangsaan Italia. Salah satu karya opera terkenalnya adalah komedi Italia "Il barbiere di Siviglia" (Pencukur Rambut dari Seville) dan "La Cenerentola".**

Nyadar nggak, si kodok yang lagi nyanyi itu terlihat sedang leap/melompat? (Leap = kb. 1 lompatan (of a broad jump, across a stream) 2 langkah. -kkt. (leaped atau leapt) melompati (a fence). -kki. 1 melompat. 2 berjingkrak.***)

3. Ditawarin jadi SC (Store Coordinator). Huaduh!! (Русский) Ambil nggak yaa...

4. Aku punya ponakan baru!! (yahoo) (yahoo) Jam 12 tadi siang, telah lahir malaikat cantik-nya Tante Iin dan Pak Iqbal. Moga menjadi anak yang sholehah berbakti pada orangtua, agama, nusa, bangsa, dan negara Tri Pra Setia Pelajar benjet... *amiinn*


Ok, segini dulu deh cuap-cuap saya kali ini. So, sudahkah Anda lompat kabisat hari ini?? :-D


(code_okok) Nyontek abis plakk dari:
* Wikipedia
** Wikipedia *lagik*
*** Kamus


2 komenG:

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

yayaaa
kodoknya mirip kamu ya hihihi (peace)

cimulyaya mengatakan...

(fish_hit) riaaaa... maksudnya apaan ituh, apaaannn?? ngeledekin mulu niih...

(aha) kodoknya lebih mirip ria ah kayaknya... (haha)